ISODEL (International Symposium On Open, Distance, E-Learning) 2018, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, pada hari Senin s.d. Rabu 

tanggal 3 s.d 5 Desember 2018 kemrin di Hotel The Stone Kuta Bali, dengan dengan mengambil tema “ Making Education 4.0 For Indonesia “, kegiatan ini dihadiri kurang lebih 1500 peserta dari kalangan guru, pemerintahan, praktisi, pelaku bisnis dibidang teknologi informasi dan pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri.

kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Prof. Dr. Muhajir Effendy ini, memiliki tujuan bahwa Revolusi Industri 4.0, telah menciptakan perubahan mendasar dalam semua aspek kehidupan masyarakat termasuk pendidikan. Tantangan ICT saat ini dalam pendidikan adalah untuk memanfaatkan berbagai potensialnya dalam mempersempit kesenjangan digital, pembentukan karakter, transformasi pendidikan digital, dan pendidikan kejuruan. Menghadapi tantangan yang akan datang, Pustekkom Kemendikbud (Pusat Pendidikan dan Kebudayaan ICT, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) memiliki peran utama dalam transformasi pendidikan di Indonesia untuk Pendidikan 4.0.