Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui UPT. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan (UPT-TIKP) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Festival Sinema Sekolah (FSS) tahun 2018 di 20 daerah kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur yaitu

Jombang, Ngawi, Tuban, Lumajang, Kota Pasuruan, Nganjuk, Magetan, Bojonegoro, Jember, Bondowoso, Situbondo, Kab. Pasuruan, Sampang, Tulungagung, Kab. Malang, Banyuwangi, Kab. Probolinggo, Pamekasan, Trenggalek, dan Kediri mulai dari tanggal 28 September sampai dengan 6 Oktober 2018, selain memberikan penjelasan tentang pelaksanaan FSS 2018 peserta sosialisasi yang terdiri dari perwakilan siswa siswi SMA dan SMK juga diberikan Coaching Clinic tentang pengambilan gabar atau video yang benar dan tepat oleh narasumber yang berasal dari kalangan akademik dan Praktisi.

Dalam sosialisasi disampaikan bahwa pendaftaran dimulai dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 18 Oktober 2018 jam 24:00 WIB dan pengumuman pemenang akan di umumkan pada tanggal 23 Oktober 2018, serta grand finalnya pada hari Sabtu tanggal 27 Oktober 2018.

Pendaftran FSS 2018 ini bisa dilakukan secara online melalui http://dindik.jatimprov.go.id/daftarfss atau http://upttikp.dindik.jatimprov.go.id dengan persyaratan yang ada pada ketentuan FSS 2018.

Kegiatan Sosialisasi FSS 2018 ini bertujuan untuk menjaring peserta lebih banyak lagi untuk mengikuti Festival Sinema Sekolah tahun 2018 yang kali ini mengambil tema “kreativitas sinematografi sekolah untuk memajukan pendidikan serta menguatkan kebudayaan dan karakter”